PEMROGRAMAN DALAM BAHASA C

Pendahuluan

Sebelum mengetahui lebih jauh pemrograman komputer dalam bahasa C ada baiknya kita mengenal dulu apa itu pemrograman dan untuk apa kita membuat program komputer.

Pemrograman adalah aktifitas yang dilakukan dalam membuat program komputer dengan menggunakan salah satu Bahasa Komputer yang ada. Dan kegunaan membuat program komputer adalah untuk mempermudah pekerjaan manusia yang biasanya melakukan perhitungan secara berkali-kali. Dengan kata lain, pengguna program dapat memanfaatkan program komputer tersebut untuk mempermudah pekerjaannya.

Untuk mempermudah dalam memahami pemrograman dalam Bahasa C, ada baiknya kita melihat beberapa contoh soal di bawah ini.

Contoh 1 :

Misalkan sebuah hotel meminta kita untuk membuat program Cash Register sederhana. Program ini dapat menghitung berapa yang harus dibayar oleh Tamu yang menginap layaknya mesin Cash Register. Parameter yang di Inputkan oleh kasir adalah berapa hari lamanya tamu menginap dikalikan dengan Tarif  Harga Kamar per Harinya.

Dari contoh di atas pertama kita harus definisikan masalah di atas. Yang akan di Input-kan oleh kasir adalah : 1. Lama menginap (hari), 2. Tarif Harga Kamar. Kemudian Jumlah yang harus dibayar oleh Tamu adalah hasil perkalian dari Lama Menginap dan Harga Kamar/hari. Selanjutnya program dalam bahasa c dapat kita tuliskan seperti di bawah ini :

#include <stdio.h>

void main()

{

int LM;

float HK, TOTAL;

printf(“Lama menginap ?”);

scanf(“%d”,&LM);

printf(“Harga Kamar per Hari ?”);

scanf(“%f”,&HK);

TOTAL=LM*HK;

Printf(“Yang harus dibayar tamu adalah : %f ”,TOTAL);

}

Untuk keterangan di atas, float dipilih sebagai type data untuk Variable TOTAL dan HK, sedangkan integer (int) dipilih sebagai type data untuk LM.  Mengapa TOTAL dan HK menggunakan float dan HK menggunakan int lihat aja dicatatan terdahulu ya… Oh iya, aturan penamaan Variable juga lihat dicatatan terdahulu.

Program di atas adalah program yang paling sederhana, karena Output didapat setelah program memproses dua variable Input yang dimasukkan oleh Kasir.

Kita tinggalkan contoh soal no 1 di atas, seandainya ada penambahan masalah seperti adanya diskon kepada Tamu apabila membayar dalam Jumlah tertentu. Untuk memperjelas permasalahan di atas, perhatikan contoh soal di bawah:

Contoh 2:

Misalkan pada Soal 1 ada peraturan dari Manajemen Hotel yang menyatakan bahwa setiap tamu yang menginap akan diberikan diskon sebesar 10 % apabila jumlah tagihannya melebihi Rp. 500.000,-

Analisis untuk soal no 2, bahwa Tamu akan mendapatkan diskon 10 % apabila Jumlah tagihannya melebihi Rp. 500.000,- dalam arti lain tamu tidak mendapatkan diskon atau membayar sejumlah nilai dari hasil perkalian antara Lama Menginap dan Tarif kamar/hari apabila tagihannya tidak mencapai Rp. 500.000,-.  Sehingga penyelesaian untuk soal 2 di atas adalah :

#include <stdio.h>

void main()

{

int LM;

float HK, TOTAL, BAYAR_AKHIR;

printf(“Lama Menginap ?”)

scanf(“%d”,&LM);

printf(“Harga Kamar per Hari ?”);

scanf(“%f”,&HK);

TOTAL=LM*HK;

if(TOTAL > 500000)

BAYAR_AKHIR=TOTAL-(TOTAL*0.1);

else

BAYAR_AKHIR=TOTAL;

Printf(“Yang harus dibayar tamu adalah : %f ”,BAYAR_AKHIR);

}

Contoh diatas mewakili penyelesaian untuk masalah pencabangan, sesuai dengan permasalahannya bahwa Hasil perkalian antara Lama Menginap dan Tarif  Kamar per hari selanjutnya akan diadakan pengujian apakah bernilai lebih besar dari Rp. 500.000,- atau tidak. Seandainya lebih besar dari Rp. 500.000,- maka akan diproses kembali untuk memperoleh nilai yang harus dibayar tamu setelah dikurangi 10% tetapi apabila tidak lebih besar dari Rp. 500.000,- maka program hanya menampilkan hasil perkalian antara Lama Menginap dan Tarif kamar per hari saja.

Selanjutnya, untuk percabangan dapat dibuat lebih rumit lagi atau bertingkat, misalnya pada contoh soal berikut:

contoh 3:

Kembali pada soal 1 diatas, sendainya pemberian diskon didasari oleh beberapa syarat seperti untuk Tagihan kecil atau sama dengan Rp. 500.000 tidak mendapatkan diskon sedangkan diatas Rp. 500.000,- dan lebih kecil sama dengan Rp. 1000.000,- mendapatkan diskon sebesar 10 %, apabila tagihan lebih besar dari Rp. 1000.000,- dan tidak lebih dari Rp. 1.500.000,- akan mendapatkan diskon sebesar 15 %, sedangkan lebih besar atau sama dengan Rp. 1.500.000,- akan mendapatkan diskon sebesar 25%.

Untuk range diskon diatas dapat disederhanakan dengan persamaan Matematika di bawah ini.

  • tagihan <= 500000, tidak ada diskon
  • 500000 < tagihan <= 1000000 dalam notasi logika pemrograman menjadi ((tagihan>500000)&&(tagihan<=100000)), mendapatkan diskon sebesar 10%.
  • 1000000 < tagihan < 1500000 dalam notasi logika pemrograman menjadi ((tagihan>1000000)&&(tagihan<1500000)), mendapatkan diskon sebesar 15 %.
  • tagihan >= 1500000 akan mendapatkan diskon sebesar 25%.

Penyelesaian untuk soal diatas adalah :

#include <stdio.h>

void main()

{

int LM;

float HK, TOTAL, BAYAR_AKHIR;

int LM;

float HK, TOTAL, BAYAR_AKHIR;

printf(“Lama Menginap ?”)

scanf(“%d”,&LM);

printf(“Harga Kamar per Hari ?”);

scanf(“%f”,&HK);

TOTAL=LM*HK;

if ((TOTAL > 500000) && (TOTAL<=100000))

BAYAR_AKHIR=TOTAL-(TOTAL*0.10);

else if

((TOTAL > 1000000) && (TOTAL < 1500000))

BAYAR_AKHIR=TOTAL-(TOTAL*0.15);

else if

(TOTAL >= 1500000)

BAYAR_AKHIR=TOTAL-(TOTAL*0.25);

else

BAYAR_AKHIR=TOTAL;

Printf(“Yang harus dibayar tamu adalah : %f ”,BAYAR_AKHIR);

}

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: